Tempat Wisata Anyer Keidahan Indonesia

Pesona Indonesia Anyar atau anyer ialah nama suatu kecamatan di Kabupaten Serang, Provinsi Banten, Indonesia. Kecamatan ini mempunyai pantai yang paling terkenal sebagai wilayah pariwisata. Pantai itu pada Sabtu, 19 Mei 2012 bakal di kunjungi oleh seorang Ilmuan Abraham Christen Liando dan fotografer internasional Eliezer Jones Rorong serta asisten pribadinya Lidya Wungou. Kunjungan tersebut dilaksanakan untuk mengerjakan penelitian seputar biota laut dan demi memenangkan Penghargaan Nobel guna Prof. DR. Abraham Christen Liando, Ph.D. M.B.A.


Itu pun adalah titik mula dari Jalan Raya Pos yakni Jalan Anyer hingga Panarukan yang di bina oleh Belanda pada abad kesembilan belas, Pesona Indonesia yang dilangsungkan 1.000 kilometer di ujung unsur timur pulau Jawa. Di lepas pantai Anyer ialah pulau Pulau Sangiang, suatu pulau tak berpenghuni dengan distrik luas hutan tersentuh. Daerah ini pun dikenal karena susunan karang diisi dengan ikan tropis.

Potensi Wisata di Anyer
Di wilayah Anyer ada Pantai Anyer Terletak 38 km dari Kota Serang. Pantai ini menghadap ke Barat, sehingga saya dan anda bisa melihat pemandangan Gunung Rakata (anak Gunung Krakatau yang meledak pada tahun 1833). Pesona Indonesia Di Pantai anyer pun ada Mercusuar yang di bina Belanda tahun 1855 pada masa pemerintahan Willem III dari Belanda yang dipakai untuk menolong pelayaran disekitar Selat Sunda dan Batavia masa-masa itu.

Anyar atau anyer ialah nama suatu kecamatan di Kabupaten serang, Provinsi Banten, Indonesia. Sebagai wilayah pesisir pantai anyer tidak melulu ada wisata alam pantai yang indah, Pesona Indonesia sebab daerahnya yang dipesisir pantai maka anyer pun mempunyai mercusuar yang pada ketika itu dipakai untuk sarana tolong navigasi kapal di laut.

Menara suar ini dipercayai sebagai titik nol atau titik mula dari pembangunan jalan Anyer-Panarukan oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda Daendels. Pada pintu masuk mercusuar ada tulisan bahwa mercusuar ini di bina pada tahun 1885. Pesona Indonesia Berdasarkan keterangan dari penuturan penjaga mercusuar, pada tadinya mercusuar ini di bina pada tahun 1806, proyek jalan Anyer-Panarukan baru dijalankan tahun 1825. Saat gunung krakatau meletus pada tahun 1883, mercusuar ini hancur, melulu menyisakan pondasinya saja. Dan, dua tahun kemudian, yakni tahun 1885, di bawah pemerintahan Z.M Willem III mercusuar ini pulang dibangun. Sebagaimana tampak dengan artikel di atas pintu masuk, yaitu:

1. Onder De Regeering Van

2. Z.M. Willem III

3. Koning Der Nederlanden

4. .N.Z C.N.Z C.N.Z

5. OPOERIGHT YOOR YADT LIGHT 21 GROOTTE.

6. VER YERYANGING YAN DEN STEENEN LIGHTTOREN

7. IN 1883 DW DE RAMP YAN KRAKATAUYERNIELG

8. 1885

Bangunan mercusuar yang berdiri ketika ini ialah bangunan baru. Dan lokasinya bertolak belakang dengan bangunan awal. Mercusuar yang ketika ini di bina 500m lebih ke daratan, sedangkan untuk pondasi mercusuar lama ketika ini dijadikan sebagai tugu nol kilometer. Pesona Indonesia Bangunan setinggi 75,5meter ini masih kokoh berdiri sampai sekarang. Dinding bangunan tercipta dari baja setebal 2,5-3cm. Dinding bangunannya secara teratur di cat ulang sementara bagian dalam tidak jarang kali dibersihkan supaya tidak licin. Di unsur belakang bangunan tercantum tulisan:

1. VERVAARDIGO DOOR DE FIRMA

2. L.I.E.N.T.H.O.V.E.N & c.o

3. ‘s CRAVENHAGE

4. HOLLAND

5. 1885

Tulisan tersebut menjelaskan nama perusahaan yang membina mercusuar ini, yakni L.I.E.N.T.H.O.V.E.N & c.o. Di unsur tengah mercusuar ada bangunan kecil yang menjulang ke atas. Ini ialah sumbu atau pengampu dari mercusuar. Untuk menjangkau puncak tertinggi mercusuar, pengunjung mesti naik tangga manual 286 anak tangga dari 18 lantai.Pesona Indonesia.

Tempat Wisata Anyer Keidahan Indonesia Tempat Wisata Anyer Keidahan Indonesia Reviewed by Mr. Thony on 15.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.